Hariyono, H. (2018). Pendidikan Sejarah dan Karakter Bangsa Sebuah Pengantar Dialog. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia1(1), 1-22.

http://dx.doi.org/10.17977/um033v1i12018001

Penelitian ini menekankan peran penting pendidikan sejarah dalam memperkuat pendidikan karakter. Pendidikan sejarah berfungsi sebagai sarana untuk mereinterpretasi konsep karakter ideal dalam konteks kebangsaan dan negara, mengadaptasikannya dengan tuntutan zaman yang kontemporer. Oleh karena itu, pendekatan pedagogis yang inovatif sangat diperlukan untuk mengajar sejarah secara efektif sambil menanamkan sifat-sifat karakter yang relevan sesuai dengan perkembangan zaman. Pendidik seharusnya memposisikan diri sebagai sumber inspirasi, motivator, dan contoh teladan dalam ranah pendidikan sejarah. Pendidik semacam itu mampu dengan baik membimbing siswa untuk belajar dari berbagai periode sejarah dan wilayah. Pelajaran tentang rendah hati dan kesederhanaan yang diambil dari generasi sebelumnya dan praktik di negara lain memberikan wawasan berharga. Pendekatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa pembentukan karakter nasional bersifat inklusif dan tidak eksklusif.