Bafadal, I., Nurabadi, A., Prestiadi, D., Juharyanto, J., Triwiyanto, T., Ubaidillah, E., Lesmana, I., & Maulinda, A. (2022). Penguatan Kepemimpinan Pembelajaran Berbasis Moral pada Kepala Sekolah Dasar Unggul. JAMP : Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 5(4), 317-322.

http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/30602

Pendidikan dalam sistem sekolah terutama berfokus pada proses pembelajaran. Meningkatkan kualitas pendidikan berbasis sekolah tidak terlepas dari peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah. Efektivitas sebuah sekolah dalam mencapai visi, menjalankan misi, mencapai tujuan dan target pembelajaran, serta melaksanakan kegiatan pembelajaran berkualitas di sekolah memerlukan keberadaan seorang kepala sekolah yang mampu menunjukkan kepemimpinan efektif, terutama dalam kepemimpinan pembelajaran. Selain itu, kepala sekolah perlu terus meningkatkan kompetensinya sebagai pemimpin pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para kepala sekolah tentang berbagai aspek, termasuk kepemimpinan kepala sekolah, kepemimpinan pembelajaran, kepemimpinan agama, dan transformasi kepemimpinan dalam sekolah unggulan, dengan pendekatan yang berkelanjutan, mandiri, dan kontekstual. Penelitian ini menggunakan pelatihan dan pendampingan sebagai metode dalam kegiatan pelayanan ini.